Kegiatan KKN-PPL Sebagai Bentuk Pengabdian Mahasiswa Terhadap Masyarakat

by Fifi SHN
2 comments

Hai guysKali ini saya mau curcot alias cerita secara singkat aja tentang pengalaman saya saat menjalani mata kuliah Kerja Kuliah Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). 

Menurut pemahaman saya, KKN itu artinya mengabdi sama masyarakat, kadang suka disuruh-suruh juga sih tapi tenang aja kan sesuai sama proker yang telah dibuat dan disepakati, gak keluar dari situ.  Contohnya kayak kerja bakti, pembuatan papan nama jalan, dll gitu. 

Kalo PPL artinya mengajar. Apa yang udah kalian pelajari di kampus selama ini, itu yang akan kalian terapkan di lapangan. Contohnya kayak mengajar PAUD, mengajar orang dewasa yang buta aksara, mengajar ibu-ibu tentang keterampilan membuat bros, dll. 

Oh yah sebelumnya kenalin dong, saya mahasiswa dari kampus yang letaknya di daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Karena prodi saya adalah Pendidikan Luar Sekolah, mau tidak mau ya harus mengikuti KKN-PPL. Ini sih emang udah kewajiban kita sebagai mahasiswa tingkat dewa yang udah semester 7 😀 
Alhamdulillah yah, saya udah menjalani KKN-PPL ini selama 3 bulan di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Di posko saya berjumlah 18 orang, 9 orang cewek dan 9 orang cowok dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah dan jurusan Teknologi Pendidikan. Kegiatan KKN-PPL saya ditempatkan di salah satu Kantor yang ada di Polman.

Eh tau gak kalian? Sebelum sampai di lokasi KKN-PPL, saya merenung, mengheningkan cipta dan gegana (gelisah galau merana). Tiba-tiba muncul pertanyaan di kepala saya, “Sebenarnya KKN-PPL itu kayak gimana yah rasanya? Kok saya ketakutan gini sih. Apa saya bisa menjalaninya? Saya mau ngapain di lokasi KKN-PPL? Saya kan gak bisa ngapa-ngapain. Saya gak punya keahlian dan gak punya keterampilan. Orang kayak saya mah kalo kata orang Makassar cuma parompa-rompai, maksudnya cuma bikin sempit aja, gak ada guna-gunanya” dan masih banyak pikiran yang jelek-jelek. 

Tapi yaudahlah gak usah dipikirin toh nanti kalo dijalanin dengan rasa happy dan selalu positive thinking juga gak terasa, nanti juga cepat berlalu, siapa tau besok udah bisa pulang. *nyampe ditujuan aja belum*.

Akhirnya sampai juga deh di daerah Polman. Gak nyangka saya bisa ditempatkan di daerah yang jauh banget banget banget. Meskipun lokasinya daerah pedesaan tapi masih ada sinyal dan jaringan, jadi komunikasian sama si doi lancar *cie cie*. Alhamdulillah, bersyukur banget bisa dapat tempat tinggal yang nyaman, enak dan tentram. Pemandangannya indah banget. Udaranya segar, gak ada polusi.

Alhamdulillah, para warga di daerah Polman semuanya ramah dan selalu tebar senyum. Anak-anak di Lingkungan daerah Polman juga mudah diajak bergaul. Kadang-kadang anak-anak itu suka mampir untuk main ke posko saya sambil membawa buah-buahan yang lagi sedang musim disana. Baik banget kan? Tapi sayang, anak–anak itu pake bahasa Mandar. Jadi gue cuma bisa cengo kayak kambing conge kalo dengerin mereka ngomong. :

Malam hari pun tiba. Saya dan teman-teman mengadakan brieving untuk membahas program kerja (proker) yang akan dilaksanakan selama 3 bulan. Selain itu juga membahas piket memasak dan mencuci piring juga. Sebelumnya, saya dan teman-teman saling berkenalan. Kira-kira nanti ada yang cinlok (cinta lokasi) gak yah? Entahlah. Kalo ada yang cinlok bagi-bagi gue yah hehehe. Kebetulan saya ditunjuk sebagai sekretaris jadi saya yang membuka dan menutup rapat. *udah tau kali*

Kegiatan saya dan teman-teman selama 3 bulan itu berupa proker PPL yaitu Pelatihan IT, Keaksaraan Fungsional (KF), Kesetaraan Paket C, Life Skill, Iman dan Taqwa (Imtaq). Sedangkan KKN yaitu Kerja Bakti, Pembuatan dan Pemasangan Papan Nama Jalan, Pembuatan Taman di Kantor. 

Selain proker yang dilaksanakan selama kegiatan KKN-PPL berlangsung, di posko kita juga mencuci baju masing-masing lho, memasak – membersihkan posko – mencuci piring sesuai sama jadwal yang udah dibuat dan disepakati.

Oh yah pernah tuh anak cowonya kedapetan piket memasak dan pergi ke pasar, lucu banget, terus liburan juga, joget-joget gak jelas, teriak-teriak gak jelas, nyanyi-nyanyi tapi suara false, ngemil tengah malem, gangguin orang tidur, tidur, nonton film, main kartu, main volly di lapangan, ngobrol sama nenek/bapak/ibu/anaknya yang punya rumah, nonton tv bareng, main gitar, begadang, ngopi bareng, nongkrong dimana aja, ke Pantai Bahari, pergi ke rumah Bu Nadrah cuma buat makan hahaha, olahraga pagi, godain cewek cantik, main ayunan di halaman posko, brieving, mandi, buat laporan akhir KKN-PPL, bully anaknya orang, ngegosipin orang dan segala macem wkwk 😀

 

Sasaran kegiatan Pelatihan IT adalah para guru PAUD Binaan Kantor dan pegawai Kantor di Polman. Mereka masih gagap akan teknologi seperti komputer dan laptop. Saya mah cuma mendampingi aja para peserta yang lagi pada belajar menggunakan laptop serta aplikasi yang sedang diajarkan.

Disini saya diuji banget kesabarannya. Kan kalian tau sendiri kalo orang dewasa itu kurang cepat tanggap dan paham jadi harus diulangin terus sampainya paham banget. Haduh bener-bener minta ampun deh saya, mendingan ngajar anak PAUD dari pada orang dewasa. Tapi sebagian pesertanya ada yang masih muda dan cepat tanggap dan ngerti sama apa yang saya jelasin jadi gak terlalu kewalahan banget deh hehehe. Tapi jangan salah, mereka sangat antusias lho mengikuti kegiatan ini.

Pas kegiatan Keaksaraan Fungsional seru banget lho karena lokasinya di daerah pulau, di pinggir pantai. Kalo kesana naik taksi laut (perahu). Saya berkunjung dari pulau ke pulau lainnya. 
Makanya nih kulit saya berubah jadi hitam hehehe. 

Buat saya kegiatan KKN-PPL gak ngebosenin karena selain kegiatan ini bisa dijadikan sebagai momen untuk liburan gitu hahay. Disini saya mengawasi dan membimbing para warga yang buta aksara yang sedang dievaluasi. 

Menurut pemahaman saya, keaksaraan fungsional yaitu kegiatan yang mengajarkan orang-orang yang tidak bisa membaca, menulis dan menghitung. Kalo orangnya disebut dengan buta aksara, sedangkan kegiatannya disebut keaksaraan.

Kalau kegiatan Kesetaraan Paket C, menurut pemahaman saya yaitu kegiatan yang mengajarkan orang-orang yang mengalami putus sekolah. Paket C yaitu tingkat SMA, ada juga paket A dan B. Kalo paket A tingkat SD dan paket B tingkat SMP.

Disini saya mengajar tentang mata pelajaran yang ada di sekolah formal seperti umumnya. Luar biasa rasanya. Sasarannya adalah orang dewasa semua. Sebelumnya saya udah cerita di bagian kegiatan pelatihan IT kalau orang dewasa itu kurang cepat tanggap dan paham jadi harus diulangin terus sampainya paham banget. Nah saya makin diuji nih kesabarannya *kayak ujian nasional* 

Tentang kegiatan Life skill, saya cuma mendampingi para ibu-ibu yang lagi belajar keterampilan. keterampilan disini berupa pembuatan bros dari kain flanel, ikat rambut, dsb. Kalian kan tau kalo saya gak punya bakat dalam bidang keterampilan. Pas berhadapan sama para ibu-ibu yang mau diajar, saya belum menguasai itu. Untung ada teman yang kebetulan PJ (penanggung jawab) bidang life skill ya saya mengandalkan dia dan saya mundur hahaha. 

Tapi kalo emang dasarnya gak ada bakat membuat keterampilan mau diapa yah? Saya sih cuma bisanya buat kerajinan tangan untuk anak PAUD karena kebetulan ibu saya adalah guru PAUD dan TK. Oh yah, saya mundur bukan tandanya saya gak ngapa-ngapain lho, tapi saya sebagai pesuruh alias pembokatnya teman saya. “Fi tolong ambil ini dong, Fi tolong ambil itu dong.” Cie yang jadi babu. :’D

Kebetulan saya sebagai PJ (penanggung jawab) kegiatan Imtaq jadi saya yang mengatur pelaksanaannya serta ikut andil didalamnya *jelas iya lah,*. Pesertanya itu Anak PAUD Binaan Kantor di Polman. Pelaksanaannya diadakan di Aula Kantor. Sumpah yah kalo setiap saya mengajar, itu bocah pada super dupel nyebelin banget, sebentar-sebentar cengeng, mewekan mulu, gak bisa diem, susah diatur. Pokoknya nano-nano rasanya. Ya wajar sih namanya juga anak-anak yah. 

Ada salah satu siswa yang nakalnya super banget, gak mau dengerin apa yang saya bilang. Mana lagi kadang saya suka dipukul sama itu bocah. Tapi saya selalu sabar dan gak akan menyerah untuk menghadapi bocah yang satu itu. 

Alhamdulillah, ternyata dari sebuah kesabaran bisa membuahkan hasil yang baik. Pas hari terakhir kegiatan ini, anak itu tiba-tiba menuruti apa yang saya bilang. Ternyata anak itu pintar juga lho.

Disitu saya merasa terharu dan sedih sampai akhirnya mata ini berkaca-kaca *cermin dong*. Saya berbisik ke bocah itu sambil bilang “Jadi anak yang baik yah dek, gak boleh nakal, harus menurut sama ibu guru. Kakak udah mau pulang ke makassar jadi kita gak bisa ketemu lagi”. Saya langsung memeluk bocah itu dan senangnya lagi bisa dipeluk juga sama bocah itu. :’)

Lanjut ke kegiatan kerja bakti. Kalo kerja bakti kalian tau kan apa aja yang mesti dilakuin? Yaeyalah dong. Kalau saya membersihkan halaman masjid, memungut sampah di pinggir-pinggir rumah dan di Pantai Bahari, dsb. 

Lagi asik-asiknya ngebersihin halaman depan masjid yang banyak rumput sampai berkeliaran kemana-mana, tiba-tiba ada ular nongol tuh. Ebuset yak, kaget dong saya. Tapi untung yang nongol dihadapan saya hanya bangkai ular aja. Gapapa lah kalau ular yang nongol, dari pada mantan nongol sambil bawa pacar barunya *eh apasih*.

Oke, di kegiatan pembuatan dan pemasangan papan nama jalan, saya mah cuma bantu liat-liatin. Tapi saya selalu ikut kemanapun papan nama jalan itu dipasang kok. Lho emangnya elu papan nama jalan Fi? Nah pembuatannya kalian tau dong kayak gimana? Kalian bisa liat fotonya sendiri dibawah ini.


Kalau pemasangannya ya otomatis dipasang sesuai dengan nama papan nama jalannya dong. Masa iya namanya Jl. Durian dipasangnya di kulit durian? Kan gak mungkin banget *lucu lu Fi*

Yang terakhir kegiatan pembuatan taman di kantor. Kan di kantor belum ada tamannya, jadi kita semua berinisiatif untuk membuat taman disana. Yang kita lakukan itu berupa menyusun batu dengan rapih, mengecat batu yang udah disusun, membuat logo kampus kita di batu besar, mencari tanaman yang bisa ditanam *cabut tanaman di pekarangan orang, eh tapi udah izin sama pemiliknya lho*, membuat pot tanaman dari kayu. Pokoknya sekreatifnya kita ini.

Disaat hari terakhir, suasana posko berubah menjadi menjadi suasana haru biru plus air mata yang menetes dan berjatuhan. Kayaknya bakalan banjir tuh posko. Teman-teman saya pada nangis sampai bengkak-bengkak lho matanya ya kecuali saya. Saya gak nangis kan saya gak cengeng *boong ah*.

Akhirnya saya meninggalkan kota Polman juga. Banyak kenangan terindah semenjak tinggal di posko tercinta ini. Rasanya gak mau pisah sama teman-teman dan pemilik rumah. 

Semoga apa yang telah saya lakukan di tempat KKN-PPL bisa bermanfaat untuk masyarakat disana dan di kantor. Semoga bapak/ibu/nenek/anak pemilik rumah memaafkan saya bila saya punya kesalahan terhadap mereka selama ini. 

Sebelumnya terima kasih banyak kepada pemilik rumah yang sudah mengizinkan saya untuk tinggal di rumahnya selama 3 bulan. Saya juga minta maaf kepada teman-teman apabila punya banyak salah sama kalian. 

Terima kasih banyak juga atas kerjasama kalian selama pelaksanaan KKN-PPL sedang berlangsung. Love you and miss you so much all :* 

You may also like

2 comments

Nur TERBIT 13 Februari 2017 - 05:49

Lumayan Fi tulisannya. Kalimatnya lancar, sedikit humor, gaya bertutur sdh seperti layaknya Blogger (penulis blog di internet). Foto2nya juga keren2 Cieehh….

Saran, sebaiknya satu tulisan jangan terlalu panjang, capek bacanya. Kasian pembaca nanti kehabisan napas hahaha… Nah utk tulisan KKN PPL ini sebenarnya bisa dijadiin 3 bagian yg terpisah: 1. Cerita persiapan ke lokasi KKN, 2. Saat mengajar kekuasaan dgn ibu2, 3.Suasana di rumah penampungan, misalnya cerita anak cowok ke pasar, masak dll.

Nah nanti msg2 tulisan pake backlink satu sama lain.

Reply
Fifi SHN 24 Februari 2017 - 16:08

Oke deh. Terima kasih atas masukan dan sarannya pah ��

Reply

Leave a Comment