Bakso Kuah Coto, Inovasi Kekinian Kuliner Makassar

by Fifi SHN
0 comment

Siapa yang tidak kenal dengan makanan bakso? Hampir semua masyarakat Indonesia tahu dan suka dengan bakso. Pasti dari kalian banyak yang menyukai bakso bukan? 😀

 

Bakso Makanan Favorit Setiap Orang Indonesia (Dok. Foto: Google)

Bakso sebagai salah satu makanan favorit orang Indonesia lho guys. Bakso juga sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Biasanya, dijual melalui gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

 

Ibu yang Melayani Saya Saat Membeli Bakso Kuah Coto, Entah dia Pemilik “Coto Marusu” atau Hanya Pelayan (Dok. Foto: Pribadi)

Sumber Foto : Saya Sendiri (Fifi SHN)

 

Tapi guys, bakso yang saya akan bahas disini beda dari yang lain. Menurut saya unik banget, jadi saya ingin menceritakan tentang bakso ini ke kalian 😀

Introducing, guys. Inovasi kuliner Makassar yang saya akan bahas kali ini adalah bakso kuah coto. 

Inilah Penampakan Bakso Kuah Coto Makassar. Memang Terlihat Seperti Bakso Biasa, Tapi Rasanya Tentu Jauh Lebih Enak. (Dok. Foto: Pribadi)

Jadi penasaran deh Fi, apa itu  bakso kuah coto?
Oke, simak yah guys. 😀
Kalian tau kan?
Bakso itu terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, daging ayam, ikan atau udang. Terus disajikan dengan kuah kaldu sapi bening.
Biasanya si bakso dicampur dengan mi, bihun, taoge, tahu serta ditaburi bawang goreng, seledri juga ditambahkan bihun dan pangsit goreng.
Bakso punya banyak varian, ada bakso urat, bakso tenis atau bakso telur, bakso keju, dan bakso lainnya.
Tapi bakso kuah coto sama kok seperti bakso yang sudah saya bahas diatas tuh barusan. Cuma, yang beda itu adalah kuahnya. Rasa kuah bakso tercampur dengan rasa rempah Coto Makassar.
Coto Makassar kan dikenal dengan kuahnya yang kental, ada rasa bumbu rempah dan kacangnya gitu. Nah, bakso kuah coto sama rasanya kayak Coto Makassar.
Kalau makan bakso ini, seperti makan coto makassar lho guys. 😉
Bakso kuah coto disajikan kuah coto dan bakso yang diadu dalam 1 mangkok. Hmmmm, makan bakso plus makan Coto Makassar. Gak kebayang kan gimana rasanya? 😀
Oh yah, bakso kuah coto dinikmati bersama ketupat. Sama halnya kalau makan Coto Makassar, disertai dengan ketupat juga.
Harganya cuma 10 ribu aja kok. Murah meriahhhhh. Sesuai dengan dompet mahasiswa, ya seperti saya ini 😀

 

Tempat untuk Mengambil Bakso Kuah Coto Makassar (Dok. Foto: Pribadi)

Oh yah pertama kalinya aku makan bakso kuah coto ini. Baru nyobanya sih pas kemarin. Oh yah bukan saya yang beli, tapi tante saya yang beli. Jadi, Saya kurang tahu alamat lengkapnya.

Tante saya cuma bilang sih lokasi rumah makan bakso kuah cotonya di Jalan Goa Ria, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, ya kebetulan dekat dari rumah tante saya. Yang saya maksud ini daerah Makassar, Sulawesi Selatan yah guys.

 

(Dok. Foto: Pribadi)

Sumber Foto : Saya Sendiri (Fifi SHN)

Mmmm nama rumah makan tersebut adalah “Coto Marusu” guys.
 
Pokoknya enak banget guys. Recommended buat kalian yang belum coba. Kalau udah coba boleh kok beli lagi, gak ada yang larang hehehe 😀 

Jangan ragu yah, dijamin wenakkk tenannn 😉

 

Sepupu Saya Menjadi Model Foto Dokumentasi Untuk Tulisan Saya ini 😂 (Dok. Foto: Pribadi)

 
Sumber Foto : Saya Sendiri (Fifi SHN) 

You may also like

Leave a Comment