Polda Metro Jaya Melawan Berita Bohong

by Fifi SHN
2 comments

Hai gaessss. Alhamdulillah, it’s Satnight.

Kalau Satnight biasanya mah kumpul bareng keluarga ataupun teman – teman. Apalagi sambil makan kacang rebus, kemudian minum teh dan dilanjut dengan baca tulisan di blog saya www.fifishn.blogspot.com, hehehe ngarep banget.

Yuk langsung aja dibaca tulisan saya ūüėÄ

Saya mau cerita nih, hari Kamis, 15 November 2018, saya menghadiri undangan acara ‚ÄúLaunching PMJnews.com‚ÄĚ sebuah portal berita kepolisian yang diluncurkan Divisi Humas Polda Metro Jaya Jakarta yang berlokasi di Gedung Promoter Polda Metro Jaya Jakarta.

 

Saya dan Mamah (Dok. Foto: Pribadi)

 

Saya hadir bersama teman-teman dari Komunitas Kelas Blogger. Rame cuy.

 

Saya dan Teman-teman Komunitas Blogger (Dok. Foto: Pribadi)

Teman-teman Blogger Saat Meliput Acara Launching PDaja.com (Dok. Foto: Pribadi)

 

Acara launching pmjnews.com ini sangat seru karena dihadiri lagsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, seluruh Kapolres Jakarta serta Kapolsek dan kepala Satuan Kerja (Satker) yang ada di Polda Metro Jaya.

 

(Dok. Foto: Pribadi)

Acara peluncuran portal berita ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo & Ketua KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), Yuliandre Darwis, Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat Atal Depari, Ketua PWI DKI, Ibu Endang & juga sejumlah Kementrian yang hadir.

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis (Dok. Foto: Pribadi)

Bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis hadir memberi sambutan dan sekaligus melaunching ‚ÄúPMJnews‚ÄĚ dengan pemberian replika logo PMJnews (styrofoam) dari Kabid Humas Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono ke Kapolda, dilanjutkan gimmick Kapolda Metro Jaya mengarahkan replika logo PMJnews ke arah LED (langsung diputar Video Thriller, bumper & Testimoni PMJnews). Wahhh seru yah gaes.

(Dok. Foto: Pribadi)

 

Bicara mengenai berita, berita itu adalah informasi  atau peristiwa yang didapatkan mengenai sesuatu yang sedang terjadi.
Selama ini kita biasanya disuguhkan dengan beragam berita yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.
Jaman dahulu kita memperoleh berita melalui media massa seperti surat kabar, televisi, dan radio. Jaman now mah serba canggih gaes, berita sudah dapat diakses melalui media online.

Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, Kehumasan Polda Metro Jaya  meluncurkan website pmjnews.com yang akan memudahkan kita dalam mengakses informasi dan edukasi secara cepat dan akurat kepada publik.

 

 

Memperoleh berita pun menjadi lebih gampang dan lebih cepat. Banyak informasi yang didapat melalui smartphone/gadget dengan membuka situs tersebut tanpa harus membawa lembaran- lembaran kertas untuk dibaca.

Tapi gaes, kita dituntut agar berhati-hati dalam menerima pemberitaan apapun, terlebih ada muatan kebencian kepada pihak lain ataupun berita hoax.

Karena menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono bahwa kondisi saat ini begitu ironis karena penyebaran berita bohong atau Hoax begitu masif dan sangat berpengaruh negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono (Dok. Foto: Pribadi)

Yang lebih memprihatinkan lagi katanya, beredarnya berita Hoax menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat dan telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Sementara masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup untuk membedakan informasi atau berita yang diperolehnya adalah benar sesuai fakta atau malah sebaliknya.

Apalagi Polri merupakan salah satu Institusi publik yang terus meningkatkan kinerjanya, sekaligus membuka akses seluas-luasnya kepada publik untuk menyampaikan informasi yang sesuai kebutuhan publik.

 

(Dok. Foto: Pribadi)

Nah gaes, yang perlu kalian tau bahwa peran Kehumasan Polda Metro Jaya adalah membangun citra baik (image building) bagi organisasinya, sebagai mediator antara organisasi dengan warga masyarakat dan komunitas, dan juga distributor informasi dari organisasi kepada publik serta menampung dan menindaklanjuti feedback dari masyarakat kepada organisasi.

Sehingga kehumasan di Polda Metro Jaya terus melakukan terobosan demi memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Jempol deh.

Karena itu gaes, PMJnews.com hadir bertujuan untuk mengelola informasi dan dokumentasi  dengan format berita standar media nasional yang mudah diakses hanya menggunakan ponsel pintar berbasis android jadi bisa mengelola isu pemberitaan yang memliki konten positif dan memiliki manfaat untuk masyarakat dan menetrallkan isu berita negatif.
Gaes, ada beberapa keunggulan dari PMJNews  yang menjadi kekuatan penyebaran informasi, yaitu aktual karena berisi informasi aktual dan ada kemudahan dan kecepatan penyajian informasi.
Kemudian pemuatannya adalah cepat. Begitu diposting atau diupload, langsung bisa diakses semua orang. Serta update atau pembaruan informasi dapat dilakukan dengan cepat baik dari sisi konten maupun redaksional.

PMJNews ini sendiri berisi tentang kegiatan sosialisasi program setiap Satker di Polda Metro Jaya secara cepat dan komprehensif. Selain itu juga menambah wawasan kepada publik tentang kegiatan dan hasil kinerja Kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Jadi, website berita ini memuat berupa segala aspek berita yang dapat menjadi penyeimbang berita yang ada di media mainstream, baik berita politik, ekonomi, sosial, olahraga dan hiburan, secara eksklusif, tercepat dan terpercaya.

Karena itu saya secara khusus mengucapkan selamat atas peluncuran PMJnews.com. Semoga selalu menyebarkan berita yang baik, berkonten positif, dan menyampaikan pesan yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

 

(Dok. Foto: Pribadi)

Yuk gaes kita mulai lebih bijak dalam menerima segala berita dan menyebarkan berita, mencari tahu kebenarannya, dan tidak mudah terprovokasi atas pesan atau pun berita yang belum jelas kebenarannya.
Sekian dulu tulisan dari saya. Semoga bermanfaat yah gaes.

You may also like

2 comments

Nur TERBIT 17 November 2018 - 16:04

Berarti masyarakat sudah bisa memilih berita dari sumber resmi dari kepolisian. Kepada penulis bartikel ini Fifi SHN, terima kasih sudah berbagi informasi.

Reply
syaifuddin 17 November 2018 - 23:30

tantangan tebesar buat PMJ adalah bisa lebih cepat dari para produsen hoax.

Reply

Leave a Comment