Ini Rahasia Cara Memiliki Senyum Indah

by Fifi SHN
0 comment
Halo kawan-kawanku semua yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Balik lagi di blog saya yang sederhana ini dengan tulisan terbarunya.
Kali ini saya mau cerita mengenai acara yang saya ikuti bulan lalu.
Saat itu tepatnya Sabtu 26 Januari 2019, saya menghadiri Blogger’s Party di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan mengenai “Smile It’s a Beautiful Day”.
Materinya menarik dan ada gamesnya juga. Seru euy!!
Mengenai Smile It’s a Beautiful Day, dari kata Smile  kalian tau kan artinya itu apa?
Ya artinya senyum yah. Kalian suka senyum kan? Kenapa sih harus senyum?
Senyum memang wajib karena paling mudah dilakukan bagi tiap orang. Kan biar kita itu terlihat menarik dan ramah.
Selain itu, senyum sebagai ungkapan rasa senang dan bahagia kita tentunya. Dari sebuah senyum maka ada efek yang membahagiakan setiap orang.
Dengan senyuman, kita juga dapat menambah teman dan hubungan yang lebih baik dengan siapapun. Bener gak?
Sebuah senyum dapat menjadi lambang kecantikan atau kegantengan diri. Siapa sih yang gak mau punya senyum yang manis? Pasti kita semua tentu aja mendambakannya.
Senyum yang indah tentu akan berawal dari gigi yang bersih dan sehat. Oleh karena itu, udah seharusnya kita memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi kita sejak dini.
Tapi sayang, masih banyak orang yang mempunyai masalah dengan gigi. Karenanya, seringkali membuat kita minder sampai enggan tersenyum lebar. Akibatnya, senyuman kita pun jadi gak bebas.
Untung saya hadir di acara Smile It’s a Beautiful Day”, jadi saya mendapatkan banyak pengetahuan mengenai kesehatan gigi. Nah, maka dari itu, saya akan share di sini untuk kawan-kawan sekalian. Cekidot!! 😉 
STANDAR GOOD SMILE SEPERTI APA SIH?

Dalam acara Smile It’s a Beautiful Day”,  drg. Sitti Ashari, dokter gigi yang berpraktek di Klinik Global Estetik menjelaskan mengenai kesehatan gigi. Ada pemutaran video mengenai Good Smile.

drg. Sitti Ashari Menjelaskan Mengenai Kesehatan Gigi (Foto Dok Pribadi)

 

Nah, yang bisa diambil pointnya dari cuplikan video tersebut yaitu ada seorang pasien perempuan yang mempunyai kondisi gigi yang udah parah banget, keadaan gigi pada renggang-renggang, akar giginya udah naik dan mau copot.

Setelah giginya sudah diperbaiki oleh dokter gigi, perempuan itu sangat terkejut sampai menangis karena melihat perubahan pada giginya yang sudah rapih dan cantik. Ternyata good smile itu memberikan kesan yang berarti untuk si pasien tersebut. 

Perempuan Ini Mempunyai Kondisi Gigi Parah yang Akhirnya Telah Dipercantik Oleh Dokter Gigi (Foto Dok Pribadi)

Dia terharu dan bahagia banget, karena selama ini dia malu untuk berkomunikasi. Untuk tersenyum aja, dia tidak bisa membuka diri dengan orang lain. Good smile menjadi hal yang sangat penting bagi setiap seseorang, terkhusus pasien perempuan ini.


SEPERTI APA FAKTOR PENTING SENYUM INDAH ITU?

 

Adapun beberapa faktor senyum yang indah itu menurut drg. Sitti Ashari, adalah: 
1.      Clean
Setiap orang pasti lebih senang dengan keadaan yang bersih dibandingkan keadaan yang kotor. Maka dari itu, gigi harus bersih dengan cara perawatannya, cara menyikat giginya, dan melakukan kontrol 6 bulan sekali.
Jika ada keluhan, langsung ditangani dengan tepat yaitu pergi check up ke dokter gigi. Jadi, kebersihan itu memang penting sekali untuk mendapatkan senyum yang indah. Hal itu juga dilakukan agar kebersihan fisik tubuh kita tetap terjaga.
2.      Gigi Terlihat Rapih
Memiliki gigi yang rapih adalah dambaan setiap orang. Selain menambah tingkat percaya diri, gigi yang rapih akan terlihat indah di mata orang lain.
Jikalau gigi kamu krodit (berantakan) akan membuat kamu ketika makan maka sisa makanannya mudah menyempil semua di sana.Jadi, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter gigi yah guys agar gigi kamu bisa jadi lebih bagus dan kamu bisa merasa lebih percaya diri dengan penampilan gigi kamu.
3.      No Decay (Tidak Berlubang)
Gigi berlubang sangat menyiksa jiwa dan raga yah. Selain nyeri yang bikin daerah gigi sakit terasa nyut-nyutan banget, orang yang giginya berlubang  juga bisa mengalami nyeri sampai rahang, bengkak, sakit kepala, hingga demam. Ih enggak banget deh.
Maka dari itu, yang namanya kerusakan gigi karena berlubang itu harus ditangani dengan cepat. Apalagi gigi itu ada lapisan pertama, lapisan kedua, lapisan ketiga. Ketika lapisan pertama masih belum ada keluhan, maka sebelum ada keluhan itulah yang paling tepat untuk dilakukan yaitu penambalan.
Jadi, jangan sampai menunggu ada keluhan. Kalau ada keluhan, biasanya sudah di tahap ketiga. Di lapisan pertama dan kedua, masih bisa ditambal. Tapi kalau sudah lapisan ketiga, harus dilakukan dengan perawatan berkali-kali kunjungan yaitu perawatan syaraf biasanya.
Biar gak ribet, bisa hemat waktu, hemat biaya juga, kalau ada hal yang tidak nyaman dan merasakan gigi berlubang pastinya harus dutambal. Jangan sampai ada keluhan dulu yah gaes.
4.      Colorless (Perubahan Berwarna)
Senyum yang indah pastinya tidak ada perubahan warna.
Jika gigi sudah mati, biasanya akan terjadi perubahan warna misalnya berwarna kuning, abu-abu, atau hitam. Hal ini terjadi karena sel darah merah pada gigi juga ikut mati. Penyebab perubahan warna pada gigi yaitu kopi, teh, permen anak-anak yang berwarna, atau makanan dan minuman yang mengandung warna pekat.
Perubahan warna pada gigi akan mengalami peningkatan dari warna kuning menjadi hitam bila tidak ditangani segera.
5.      No Smell (Tidak Ada Bau)
Hah! Siapa nih yang sering kesal begitu menyadari aroma mulut sendiri yang ternyata bau menyengat banget? Ya begitu deh. Bau mulut akan membuat orang lain mencium aromanya akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam bersosialisasi.

Jadi,Good Smile itu tidak ada bau mulut dan aromanya sedap. Untuk menghindari bau mulut, biasakan menyikat lidah karena hal itu merupakan faktor penting dalam penyikatan gigi.


MITOS ATAU FAKTA? GULA ADALAH MUSUH TERBESAR GIGI

(Foto Dok Global Estetik)

 
Faktanya, gula tidak selalu menjadi musuh terbesar gigi. Gula tidak selalu menjadi faktor negatif untuk gigi.
Yang menyebabkan kerusakan pada gigi adalah metabolism yang menghasilkan asam, kemudian asam itu dalam frekuensi dan intensitas yang cukup lama dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.
Jadi, penanganannya itu jika sesudah makan harus sikat gigi dengan kumur-kumur. Sikat gigi wajib dilakukan sebelum makan dan sesudah sesudah tidur. Selama ini, masih ada masyarakat yang masih keliru saat sikat gigi yang dilakukan sesudah makan.
 
MITOS ATAU FAKTA? SEMAKIN KERAS DAN SEMANGAT MENYIKAT GIGI, MAKA GIGI AKAN SEMAKIN BERSIH
                                                      (Foto Dok Global Estetik)
Sikat gigi itu yang penting adalah teknik cara menyikat giginya dan pemilihan sikat gigi itu sendiri. Jadi, bukan sekedar cepat atau sekedar bersemangat karena itu malah menyebabkan kerusakan pada gigi yang membuat terkikisnya gigi dan membuat gigi menjadi terkikis.
 
MITOS ATAU FAKTA? ADA ALASAN KENAPA HARUS SIKAT GIGI DI MALAM HARI SEBELUM TIDUR

(Foto Dok Global Estetik)

 
·Walaupun kita tidur, bakteri tetap beraktivitas. Seiringnya waktu, kita tidur dalam waktu 6 – 8 jam dan pastinya cukup lama. Bakteri itu tetap hidup sehingga sangat mempengaruhi intensitas dan frekuensi yang cukup panjang.
       Bakteri ini tentu harus bisa kita usir atau minimal kita cegah perkembangannya sehingga tidak akan mudah merusak kesehatan gigi.
·Air ludah kita sangat berfungsi sebagai soft cleansing. Air ludah menstabilkan dari bakteri-bakteri yang ada di dalam rongga mulut sehingga produksi dari air ludah akan berkurang.
·Biasanya masyarakat sering banget yang namanya sikat gigi pada sore hari. Kalau sikat gigi pada sore hari, jangka waktunya tidak cukup karena pada saat malam hari akan makan lagi. Jadi, gigi tidak akan survive sampai pagi.
 
DOKTER MENJAWAB: APAKAH KARANG PADA GIGI BISA DIBERSIHKAN HANYA DENGAN MENYIKAT GIGI SAJA?

(Foto Dok Global Estetik)

 
Di antara peserta yang hadir di acara ini, banyak yang mempertanyakan kepada drg. Sitti Ashari yaitu “Saya sering sikat gigi tapi karang gigi tetap muncul lagi dan karang giginya tidak bisa hilang. Padahal saya kalau sikat gigi sudah benar sampai ke dalam dok”.
Sebenarnya sikat gigi belum bisa membersihkan karang gigi karena perlu alat khusus yang disebut dengan scaller. Kalau pembersihan karang gigi disebut dengan scalling. Scaller adalah alat untuk membersihkan karang gigi yang strukturnya keras dan hanya bisa dibersihkan dengan scaller itu. Scaller berfungsi membersihkan karang gigi yang berada di tempat yang sulit terjangkau. Memang, karang gigi harus ditangani dokter untuk perawatannya.
 
DOKTER MENJAWAB: PADAHAL RAJIN SIKAT GIGI, KENAPA GIGI MASIH TETAP SAJA BOLONG?

(Foto Dok Global Estetik)

 
Sebenarnya di Indonesia ini sendiri, 90% waktu menyikat giginya yang salah. Yang salahnya itu kebanyakan masyarakat menyikat gigi setelah mandi. Yang benar adalah menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur.
Hal yang salah tersebut bisa menyebabkan rentan terselipnya makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Apalagi bagi kamu yang bekerja dan gak sempat untuk menyikat gigi hanya kumur-kumur aja sudah cukup katanya.
 
TAHUKAN ANDA? BAHAYA MEMELIHARA SISA AKAR GIGI (RADIKS) DARI GIGI YANG TELAH MENGALAMI KERUSAKAN

(Foto Dok Global Estetik)

 
Ya sangat bahaya dan sangat tidak baik. Akar gigi (radiks) dianjurkan untuk melakukan pencabutan. Gigi itu merupakan struktur yang paling keras dari tubuh.
Bayangkan saja, si bakteri menyerang si gigi sampai habis.Yang diserang pasti gusinya yang mengakibatkan radang. Tapi ada juga masyarakat yang tidak merasakan sakit, itu karena sarafnya sudah mati jadi tidak lagi diserang bakteri.
Dalam intensitas yang cukup lama, bisa menyerang gusi dan berakibat gusi menjadi radang. Jangan heran jika radangnya sampai ke pipi.
Ada cerita dari salah satu dosen drg. Sitti Ashari dari kampus UNDALAS di Padang. Katanya, ada seorang pasien ibu-ibu berusia 40 thn sedang mengantri  di rumah sakit karena ingin operasi. Pasien itu mengalami pipi bengkak dan juga lebam di mukanya.
Penyebabnya karena sisa akar gigi yang kecil saja lho. Itu karena pasien terlambat mengetahui penyebabnya dan telat melakukan pengecekan ke dokter gigi sehingga si pasien tidak bisa diselamatkan lagi saat daftar antriannya belum jalan.
Jadi, jangan disepelekan hal-hal yang seperti itu karena memelihara “sampah” di mulut akan sangat berefek bagi kehidupan kita. Bukan hanya sebatas di rongga mulut saja, tetapi bisa komplikasi ke tubuh-tubuh yang lain.
 
MITOS ATAU FAKTA? BENER ENGGAK? MENCABUT GIGI BAGIAN ATAS DAPAT MENYEBABKAN KEBUTAAN?

(Foto Dok Global Estetik)

 
Itu enggak benar, karena mata itu punya cabang saraf yang berbeda.
Bisa  dilihat bahwa saraf untuk mata adalah yang warna merah, sedangkan saraf untuk gigi geligi  di rahang atas adalah warna hijau.
Jelaslah bahwa apabila gigi di rahang atas dicabut, maka tidak akan berpengaruh ke mata. Pernyataan mata bisa buta bila gigi atas dicabut dan pernyataan semacam itu hanyalah mitos atau  cerita dari mulut ke mulut beberapa orang.  
 
 
KAMU HARUS TAU! KEBIASAAN BURUK YANG TANPA DISADARI BISA MEMBUAT GIGI TUMBUH BERANTAKAN

(Foto Dok Global Estetik)

 
Hal ini biasa terjadi pada anak-anak yang usia tumbuh kembang. Biasa kita tidak sadar akan hal itu. Contohnya saja pada anak yang selalu mencari jempolnya untuk dihisap.
Jika mengisap jempolnya dalam jangka waktu yang lama, efeknya akan berdampak pada rahangnya yang semakin maju. Rahang bawahnya ke belakang dan rahang atasnya ke depan.
Lalu, ketika anak yang sedang dimarahi oleh orangtuanya biasanya akan ngambek atau cemas dan suka menggigit bibir. Hal ini membuat cedera di bibirnya, tumbuh kembang giginya juga akan membuat gigi bagian atas semakin lebih maju.
Kemudian, yang suka mendorong atau menjulurkan lidah ke depan. Semakin lama mengulurkan lidah ke depan maka giginya akan jadi open, maksudnya ketika gigi menggigit maka gigi depannya tidak menyatu.
 
MITOS ATAU FAKTA? GIGI OMPONG MEMBUAT WAJAH TERLIHAT LEBIH TUA

(Foto Dok Global Estetik)

 
Gigi memang mempengaruhi bentuk muka, karena otot wajahnya membuat gigi itu mendukung otot wajah. Jika gigi hilang dan tidak digantikan, otot-ototnya tidak terdukung yang menyebabkan wajah terlihat lebih tua. Jika dalam waktu yang lama, maka rahang yang udah tidak ada giginya akan menyusut. Jadi, muka akan terlihat kempot.
Kalau gigi sudah hilang atau ompong, maka segeralah diganti demi kenyamanan dan bentuk wajah yang lebih baik.
 
MITOS ATAU FAKTA? SARIAWAN JUGA DISEBABKAN KARENA STRESS

(Foto Dok Global Estetik)

 
Ya memang benar. Selain itu, bisa disebabkan karena jamur, faktor genetik, atau kekurangan vitamin B. Tapi stress jadi salah satu dari penyebab sariawan itu juga, karena stress merupakan suatu respon dari fisik dan psikis seseorang yang akan berdampak timbulnya sariawan.
 
KAMU HARUS TAU! SELAIN KOPI, 3 MAKANAN DAN MINUMAN BERIKUT INI JUGA PENYEBAB GIGI JADI KUNING

(Foto Dok Global Estetik)

 
Semua orang tentu ingin memiliki gigi putih, bersih, dan sehat. Namun kadang, gigi bisa aja tetap menguning meski udah rajin menggosok gigi. Jika ini yang kita alami, gigi kuning itu mungkin disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari kita yang dilakukan tanpa sadar. Apa aja yah?
Yaitu teh karena mengandung Tamin yang menyebabkan timbulnya kekuningan pada gigi, kemudian permen anak-anak yang berwarna-warni karena warna-warninya mempengaruhi lidah pasti berefek pada gigi juga, lalu rokok karena membuat hygiene yaitu kegiatan menjaga kesehatan dari penyakit yang membuat seseorang menjadi tidak baik kesehatannya, yang terakhir adalah minuman softdrink yaitu minuman bersoda yang akan mengikis dari lapisan terluar gigi. Gigi akan lebih sensitif juga pastinya.
 
TAHUKAH KAMU? 5 TIPS MEMBUAT NAFASMU TETAP SEGAR DAN SEMAKIN PERCAYA DIRI

(Foto Dok Global Estetik)

 
1.Menyikat gigi pastinya. Menyikat dan membersihkan gigi membantu membuang makanan yang terperangkap dan bakteri penyebab bau mulut.
2.Selain menyikat gigi, jangan lupa menyikat lidah juga. Lidah bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang berbau. Jadi penyikatannya dari dalam ke luar untuk lidah, karena itu sangat mempengaruhi.
3.Menggunakan obat kumur tapi yang non alkohol.
4.Jika ada decay (gigi berlubang) walaupun ada sedikit, harus langsung melakukan perawatan dan penambalan. Karena decay adalah sumber bakterinya.
5.Kalau ada karang gigi, segera ke klinik gigi untuk dibersihkan minimal 6 bulan sekali.
 
Mungkin sebagian dari kawan-kawan ada yang bingung memilih klinik gigi yang tepat?
 
Untungnya, kini hadir Global Estetik yang akan menjaga gigi kamu tetap putih, kuat dan sehat.
 
Drg. Arnov, ST selaku Founder Global Estetik menjelaskan mengenai apa sih Global Estetik?
 

Drg. Arnov, ST menjelaskan mengenai Global Estetik (Foto Dok Global Estetik)

 
 
 

(Foto Dok Global Estetik)

 
Menurut beliau, Global estetik adalah klinik gigi yang pertama kali didirikan tahun 2007 di Depok, Pondok Cina, Margonda. Bekerjasama dengan Klinik Medifa dan asuransi. Cuma seiring berjalannya waktu, pasiennya semakin banyak yang datang dari berbagai wilayah. Jadi, dibukalah beberapa cabang yaitu ada di Bintaro;di dalam mall ITC di Depok; di ruko Pasar Rebo, Condet; di Cipete; di Mall Festival Citiling, Bandung; di ITC Permata Hijau. Nanti juga akan hadir di Bekasi, Pekan Baru, dan Tanggerang.
 

(Foto Dok Global Estetik)

 
 
Global Estetik buka setiap hari Senin s.d Minggu mulai Jam 9 pagi – 8 malam. Punya dokter bedah sendiri, sudah senior dan punya banyak pengalaman.
Saat perawatan, suasananya santai karena konsultasi antara dokter dengan pasien bisa saling berdiskusi bukan mendogma.
Kemudian dibuatlah reservasi via web online juga. Jadi, untuk kamu bisa reservasi kapan saja. Kamu bisa pilih jamnya ataupun harinya. Nanti akan ada perawat yang  follow up kemudian akan diingatkan kapan kamu akan datang ke klinik.
 

(Foto Dok Global Estetik)

 
Global Estetik ini bekerja sama dengan 7 perusahaan besar asuransi, yaitu :
 
Global Estetik akan mempermudah masyarakat mulai dari pendaftaran kamu, proses pembayaran, dan memudahkan kamu dalam membayar langsung melalui via web atau via aplikasi.
Websitenya: Globalestetik.com
Kalau mau reservasi: Globalestetik.com/reservasi
Jika ingin melihat daftar harga: Globalestetik.com/daftarharga

Dan ingin melihat promo: Globalestetik.com/promoterbaru

 

(Foto Dok Global Estetik)

 

(Foto Dok Global Estetik)

 

Karena Global Estetik sudah bekerja sama dengan asuransi, maka kamu tak perlu bawa uang cash karena Global Estetik Mulititayment yaitu bisa bayar cash atau credit. Bisa juga dengan 0% dengan 20 Bank yang bekerja sama dengan Global Estetik. Kemudian Online Cashierpun juga tersedia.
 

(Foto Dok Global Estetik)

 
Adapun fasilitas di Global Estetik berupa free Wi-fi, integration TV, waiting room, reservasi 24 jam karena menggunakan aplikasi website.
 

(Foto Dok Global Estetik)

 
Global Estetik bekerjasama dengan asuransi dan perusahaan yaitu:

(Foto Dok Global Estetik)

 
Jadi, Global Estetik ini akan memudahkan kamu dalam hal pendaftaran, reservasi, pembayaran, dan ada kepastian dari dokternya.
Mudah bukan?
Yuk rawat gigi cantik kamu di Global Estetik. Gigi kamu akan putih dan sehat akan membuat kamu percaya diri apalagi jika kamu tersenyum.
Hasilnya pun bisa membuat kamu bisa selalu menebar senyum kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari kamu jadi lebih baik.

Foto Bersama (Foto Dok Tau Dari Blogger/Global Estetik )

You may also like

Leave a Comment