Pengalaman Mencoba Fasilitas TrueMoney di Kota Bekasi

by Fifi SHN
0 comment

Perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat membuat kita harus belajar untuk terus mengikuti perkembangan teknologi.

Apalagi seperti saya kaum generasi muda. Selalu ingin memanfaatkan kesempatan mencoba perkembangan teknologi terbaru di setiap zamannya.

Contohnya dalam pengiriman uang. Metode pengiriman uang sudah sering dilakukan oleh masyarakat sejak dulu. Tentunya transaksi keuangan zaman dulu dan zaman sekarang sangatlah berbeda.

Kalau zaman dulu, yang saya ketahui dari sebuah cerita orangtua saya, masyarakat mengirim uang tunai langsung dari daerah ke daerah lain. Wah bagi saya sih itu rawan perampokan, apalagi kalau masih diterapkan di zaman sekarang ini.

Haduh haduh gimana gak bahaya yah, selain uang kita dirampok, juga nyawa ikut melayang. Ngeri juga kan?

Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula metode pengiriman uang dari masa ke masa.Misalnya wesel di Kantor Pos yang menyediakan jasa  pengiriman uang. Pengirim uang harus datang langsung ke Kantor Pos.

Perlahan, masyarakat mulai mengenal fasilitas pembayaran masa kini yaitu melalui teller di bank atau mesin ATM. Gak perlu jauh dan repot-repot lagi menggunakan wesel, tinggal pergi aja ke ATM atau bank terdekat. Tapi, yang perlu diketahui kalau si pengirim dan penerima tentunya harus punya buku tabungan dan kartu ATM.

Tak lama kemudian, hadirlah TrueMoney  yang memudahkan aktivitas kita untuk transfer dana antarindividu. Bisa membantu kita dalam hal layanan keuangan, apalagi bagi kalian di pelosok yang sulit mengakses perbankan dalam mengirim uang.  

(Dok. Foto: Pribadi)


Apa Itu TrueMoney?

TrueMoney hadir dengan berbagai layanan pengiriman uang atau biasa disebut dengan Domestik Money Transfer yang secara khusus dibuat untuk masyarakat yang tidak memiliki rekening bank, “ ujar Manager Activation & Program, Bapak Handrika Permadi (Koi) pada Workshop TrueMoney di Grand Rubina Business Park, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, akhir September 2019.

Menurut Bapak Koi, pengguna TrueMoney baik itu member atau nonmember bisa datang ke Alfamart atau di Alfamidi dengan belanja pakai TrueMoney. Bisa isi saldo, dan tarik saldo.

 

Manager Activation & Program, Bapak Handrika Permadi (Koi) (Dok. Foto Pribadi)


Banyak Alfamidi dan Alfamart yang tersebar buka sampai 24 jam. Jadi tidak perlu khawatir kalau mau mengirimkan uang saat larut malam.

TrueMoney adalah brand Internasional yang memiliki 12 cabang yaitu Medan, Palembang, Banten, Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan. Masyarakat sudah banyak yang memakai TrueMoney dengan alasan karena tidak mau repot, tidak punya rekening bank, serta urgent dan membutuhkan uang saat tengah malam.  

 

Bagaimana Sih Cara Kirim Uang Melalui TrueMoney?

“Ada 2 tipe pengiriman uang pakai TrueMoney, yaitu yang pertama mengirim uang dengan datang ke lokasi seperti datang ke Alfamart atau ke Alfamidi. Yang kedua kiriman uang secara online dengan menggunakan aplikasi TrueMoney berbasis Android di handphone,” ujar Direktur TrueMoney Indonesia, bapak Donny Erfan.

 

Direktur TrueMoney Indonesia, bapak Donny Erfan. (Dok. Foto: Pribadi)


Layanan TrueMoney bisa mempermudah masyarakat. Selama ini, kita kalau mengirim uang harus punya rekening bank tertentu, datang ke bank, langsung isi form, dan segala macam, setelah itu baru bisa kirim uang.  Itu semua terbatas pada jam kerja bank.

Tetapi, kalau menggunakan TrueMoney hanya mengisi saldo dan setelah itu bisa mendatangi Alfamart atau Alfamidi untuk kirim uang ataupun mengambil uang, bisa kirim uang ke rekening bank, dan bisa kirim uang ke dalam negeri dan luar negeri.

 

(Dok. Foto: Pribadi)


Mengirim uang pun bisa dari rumah dengan menggunakan aplikasi TrueMoney berbasis Android dari handphone. Saat ini, TrueMoney bisa melayani pengiriman uang ke 5 negara yaitu Singapore, Malaysia, Philippines, Nigeria, dan Ivory Coast. Jika pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia, maka pakai aplikasi TrueMoney berbasis Android.

Sebaliknya, mengirim uang dari Indonesia mengirim ke luar negeri ataupun mengirim uang sesama Indonesia bisa dari Alfamart atau Alfamidi.

Menurut bapak Donny Erfan, Direktur TrueMoney Indonesia bahwa kita bisa mendatangi Alfamart atau Alfamidi dengan hanya membawa kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP, SIM atau Paspor asli dan fotocopy-nya, beserta nomor telepon aktif.

Kemudian, kita temui petugas Alfamart atau Alfamidi, isi formulir, dan berikan uang sesuai nominal yang ingin dikirimkan. Kita pun bisa mudah bertransaksi dan pengiriman uang pun langsung diproses. Sama halnya dengan mengambil uang.  

 

Saat Pengambilan Uang di Alfamart Jalan Raya Mustika Jaya 2 (Dok. Foto: Pribadi)


Bagaimana prakteknya di lapangan?  

Beberapa teman-teman blogger berhasil mencairkan uang melalui TrueMoney di sejumlah Alfamart dan Alfamidi yang ada di Jabodetabek sesuai dengan ketentuan cara pengambilan uang.

Namun, pengalaman saya di dua tempat yakni di Alfamart Jalan Raya Mustika Jaya 2 dan Alfamidi Exit Tol Bekasi Timur ternyata berbeda.

 

Kenapa berbeda?

Sebab saya harus meninggalkan fotocopy KTP jika ingin mengambil uang di Alfamart Jalan Raya Mustika Jaya 2. Sedangkan, di Alfamidi Exit Tol Bekasi Timur tidak berhasil melakukan transaksi karena offline.

Begitulah pengalaman saya dalam mencoba fasilitas TrueMoney di kota Bekasi, semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih 🙏🏻

You may also like

Leave a Comment