Pengalaman Sebagai Game Streamer di TikTok

by Fifi SHN
0 comment

Kaos Ku Item, Seorang Game Streamer di Live Tiktok. (Dok. Foto: Kaos Ku Item)


Saat ini jika dilihat dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat, bisa memungkinkan jika bermain game merupakan hobi sebagian orang yang bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan.

Terlebih lagi semakin banyak platform live streaming. Platform tersebut yang menjadi sebuah wadah dalam bermain game, sekaligus menjanjikan sebuah perolehan hasil pendapatan dari aktivitas menyenangkan tersebut.

Termasuk menjadi seorang game streamer yang juga diminati bagi beberapa orang. Biasanya ia melakukan hobinya untuk menjadi sebuah profesi dengan menekuninya.

Ya karena bisa melakukan berbagai macam kreasi untuk mencari suatu penghasilan dari hasil bermain game streaming.

Terdengar enak dan nyaman bukan? Sekedar hobi bermain game streaming bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

 

Istilah Game Streamer dan Live

Mengenai hal itu, apakah teman-teman pernah mendengar istilah game streamer?

Game Streamer adalah seseorang yang merekam diri mereka sendiri melalui ponsel ataupun tablet dalam bermain game (Personal Computer, laptop, ataupun ponsel) kepada para penonton langsung secara online atau biasa disebut dengan live.

Live (siaran langsung) adalah siaran langsung dari pengguna (Host) agar bisa menyapa teman-teman yang lain, menunjukkan sesuatu yang menurutnya unik, dan ada juga orang jualan.

Maka tidak heran, Tiktok menjadi salah satu media sosial berbasis video yang punya banyak pengguna di dunia termasuk Game Streamer.

 

Game Streamer di Tiktok

Game Streamer yang pertama kali saya kenal yaitu Kaos Ku Item. Ia adalah seorang Game Streamer di Tiktok dan Youtube. Ia menjadi Streamer semenjak pertengahan bulan September 2021.

Saat Kaos Ku Item Sedang Live di Tiktok menggunakan Streamkey (Dok. Foto: Fifi SHN)

 

Saat memulai terjun ke dunia Streamer di Tiktok, ia ingin mempunyai nama yang mudah diingat agar mempunyai ciri khas tersendiri.

Menurutnya, nama Kaos Ku Item berawal dari teman-temannya yang mengatakan bahwa ia selalu memakai baju berwarna hitam. Maka terinspirasilah untuk menggunakan nama Kaos Ku Item hingga diterapkan ke akun Tiktoknya.

Kaos Ku Item biasanya bermain game bergenre Adventure (Permainan Petualangan). Ya karena memang kesukaannya dari sejak ia masih kecil hingga sekarang ini.

Bagi dia, game bergenre Adventure mempunyai makna yang sangat dalam. Selain itu, ia juga menyukai Role Playing Game dengan genre yang sama yaitu Adventure karena bisa merasakan berada di dalam gamenya menjadi tokoh utama.

Sebelum menggunakan aplikasi Tiktok, Kaos Ku Item sudah membuat konten game di YouTube pada tahun 2015. Tetapi pada tahun 2017 sampai tahun 2021, ia mulai berhenti membuat konten.

Di tahun 2021, Kaos Ku Item memasuki dunia Tiktok sekaligus pelan-pelan kembali ke Youtube untuk membuat konten game, baik di Tiktok maupun di YouTube.

Menurut Kaos Ku Item ternyata menjadi seorang Streamer yang paling penting harus mempunyai laptop atau Personal Computer.

Selain itu juga mempunyai peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah live dan juga harus mempunyai fitur live di TikTok.

Apalagi tidak lengkap rasanya kalau tanpa adanya Stream Key. Stream Key adalah untuk melakukan Live pada OBS (Open Broadcast Software) Studio atau aplikasi streamer lainnya agar dapat meningkatkan kualitas video saat live di berbagai platform.

Jadi harus ada Stream Key dengan cara bergabung dengan agensi agar bisa mendapatkan Stream Keynya.

Agensi yang dimaksud adalah operator yang kerjasama resmi dengan Tiktok untuk mengembangkan Live (Siaran langsung) dengan cepat dan juga membantu Host jika ada masalah pada Live tersebut.

 

Kesan Menjadi Game Streamer

Untuk mendapatkan Stream Key harus membutuhkan 1.000 (Seribu) atau sampai 10.000 (Sepuluh ribu) Followers (Pengikut).

Saat itu Kaos Ku Item pun sempat menyerah. Tetapi ketika ia mampir ke salah satu Streamer yang masuk For You Page (Halaman anda) di Tiktok melihatnya bermain game Play Station 2  menggunakan TV tabung dengan merekam diri sendiri melalui handphone.

Kaos Ku Item berpikir bahwa orang tersebut saja bisa menjadi streamer dengan cara sederhana seperti itu pastinya Kaos Ku Item juga bisa.

Akhirnya Kaos Ku Item tertarik menjadi Streamer disaat sudah mendapatkan fitur Livenya di Tiktok, ya meskipun dengan merekam diri sendiri melalui handphone ke Laptop karena bermain gamenya di Laptop.

Lambat laun, beberapa orang penonton bahkan lebih pun mulai bergabung ke Live Kaos Ku Item. Baginya sangat seru karena bisa ketemu penonton baru dan berinteraksi dengan penonton.

Akun Profil Tiktok “Kaos Ku Item”. (Dok. Foto: Fifi SHN)

 

Terbentuknya Club Kaos

Setelah sekian lama akhirnya terbentuklah “Club Kaos” pada tanggal 25 September 2021. Apalagi selain WhatsApp, “Club Kaos” juga punya grup Discord yang berjumlah 306 orang.

Awalnya diperkirakan 7 (tujuh) sampai 20 (dua puluh) orang grup di WhatsApp, kemudian migrasi ke Discord.

Yang mendirikan “Club Kaos” adalah temen-temen viewers seperti Kaos Ku Kuning dan Kaos Ku Pink setelah diajak oleh Kaos Ku Biru, Kaos Ku Putih dan Kaos Ku Merah untuk menggunakan nick name akun kaos di Tiktok.

Tak lama pun, Kaos Ku Kuning dan Kaos Ku Pink menjadi moderator di Live Tiktok Kaos Ku Item yang setia hingga sekarang. Asik wkwk.

Selain ada mereka berdua, juga ada moderator lainnya seperti Anzr, Revie, Tyo, Kaos Ku Bolong, Kaos Ku Riks, Kaos Ku Polkadot, Kaos Ku Basah, Kaos Ku Mana, dan Kaos Ku Peach (itu saya sendiri).

Bagi Kaos Ku Item, terbentuknya “Club Kaos” adalah doa yang terjawab setelah sekian lama. Ya, karena ia ingin mendirikan komunitas virtual yang positif, solid, dan bisa menyatukan teman-teman dari berbagai pulau di Indonesia.

Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini manfaat Internet digunakan hal yang positif untuk mengenal satu sama lain meskipun jarak yang memisahkan.

Adanya “Club Kaos” ini, Kaos Ku Item berharap bisa menjadi rumah kedua dengan selalu komunikasi dengan teman-teman layaknya seperti teman terdekat, sahabat ataupun keluarga pastinya.

Apalagi di sana bisa ikut mengobrol santai di Room Chat (Discord) atau mengobrol langsung atau Video Call (Discord) entah itu mengenai game atau saling curhat sesuatu.

Saat Video Call Bersama Teman-teman Club Kaos di Discord. (Dok. Foto: Fifi SHN)

 

Kalau ada yang terkena masalah bisa saling membantu untuk mencari solusinya, kalau ada yang sakit juga saling support dan mendoakan untuk kesembuhannya, menonton film bersama setiap hari Sabtu jam 23.00 WIB bersama teman-teman.

Menonton film Bersama Teman-teman Club Kaos Alias Nobar (Nonton Bareng) Secara Online Melalui Discord. (Dok. Foto: Fifi SHN)

 

Bagi Kaos Ku Item, untuk saat ini masih menikmati menjadi streamer game di Tiktok untuk refreshing diri, jadi ketika main game seakan-akan udah lupa ama beban-beban hidup yang ada. Tetapi tetap mengatur waktu dengan baik.

Harapan Kaos Ku Item ke depan untuk Club Kaos ini, semoga dengan adanya komunitas tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Bila nanti Kaos Ku Item sudah tidak Live Game Streamer lagi, ia berharap Club Kaos bukan hanya tentang dirinya saja.

Ya karena Kaos Ku Item merasa hanya sebagai jembatan untuk menjalin hubungan pertemanan dengan komunikasi dan saling silaturahmi antara satu dengan yang lain.

Misalnya ada yang dari Kota A mau pindah ke Kota B jadi bisa kontak dengan teman yang ada di Club Kaos atau bertemu teman-teman yang sesama daerah sehingga bisa bertemu langsung.

Dan semoga suatu saat nanti, Club Kaos bisa ikut atau mengadakan kegiatan sosial. Intinya harus terus berkembang dan berjalan bersama.

Menurut Kaos Ku Item, Club Kaos bukan hanya sekedar nama dari Kaos, bukan bergerak di jualan Kaos dan bukan juga tentang Live Game Streamer Kaos Ku Item.

Jika teman-teman yang membaca artikel ini dan ingin menambah teman, silahkan bergabung saja di Discord namanya Club Kaos.

Sudah banyak teman di sini mulai dari Sabang sampai Merauke yang ada di Indonesia, bermacam-macam profesi, dan lain sebagainya karena Club Kaos itu adalah keluarga. (*)

 

Tiktok Kaos Ku Item : @kaoskuitem

YouTube Kaos Ku Item : Kaoskuitem

Discord Club Kaos : Club Kaos

 

Klik DISINI untuk lanjut ke tulisan berikutnya ya, gaes.

 

Fifi SHN

Bekasi, 29 April 2022.

You may also like

Leave a Comment